DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM POKOK BAHASAN MENJELASKAN TAHAP-TAHAP PERJANJIAN INTERNASIONAL DI KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN T
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN , DIKI ARMANDA, 1205020007
Subject
320 Political and Government Science 
Datestamp
2020-06-15 03:15:51 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, untuk mengetahui ketuntasan ketercapaian Tujuan Pembelajaran Khusus (PTK), untuk mengetahui pelekasanaan pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran. Subjek siswa, objek penelitian adalah efektivitas model pembelajaran Jigsaw. Alat pengumpul data berupa tes objektif dalam pokok bahasan Menjelaskan Tahap-tahap Perjanjian Internasional dan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : tes hasil belajar sebanyak 31 atau 90,32% siswa yang tuntas dan 3 atau 9,68% siswa yang tidak tuntas belajar. Ketercapaian TPK diperoleh 3 indikator, adapun ketercapain TPK pada indikator pertama 85,47% atau telah tuntas, indikator kedua mencapai 84, 94% atau telah tuntas dan indikatior ketiga 86,01% atau telah tuntas. Persetase TPK secara keseluruhan mencapai 85,47% atau telah tuntas. Berdasarkan hasil lembar observasi proses pembelajaran oleh observer dalam observasi kegiatan guru mencapai 80% atau kategori baik dan pada observasi kegiatan siswa 76% atau kategori baik. Respon siswa diperoleh 1siswa tergolong kategori sangat posistif, 25 siswa tergolong kategori positif, 5 siswa tergolong kategori kurang positif, dan tidak ada siswa yang tergolong kategori tidak positif. Dengan demikian respon siswa mencapai persentase 83,87% atau berkategori positif. 
Institution Info

Universitas Quality