DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MEA DI KELAS IV SDN 106166 MARINDAL II T.A 2017/2018
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, EKA RESTI, 1305030171
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-21 03:20:19 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran dengan menggunakan perbandingan pembelajaran model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran model MEA. Penelitian dilaksanakan di SDN 106166 Marindal II T.A 2017/2018 di kelas IV pada tanggal 21 November 2017, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 106166 Marindal II berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas parallel sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total) dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran model MEA dengan alat pengumpul data yaitu test berupa Essay dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS 83.75, yang diajar dengan pembelajaran model MEA 76.27, dan kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemapuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran MEA di Kelas IV SDN 106166 Marindal II Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang T.A 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality