DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
HUTAPEA, IRA MANDAYUNI, 1405030189
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-04-21 04:28:41 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi menentukan ide pokok pada paragraf dapat meningkatkan kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan alat pengumpul data yaitu tes dalam berupa wacana. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pretest yaitu hanya beberapa siswa yang diatas rata-rata. Sedangkan pelaksanaan posttest menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition memperoleh nilai rata-rata 86,3 dan post tes dalam model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 78,03.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok pada paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality