DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERD
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, PASKA SRIULINA, 1405030255
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-21 07:16:49 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Model Make A Match pada materi KPK dan FPB. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II pada tanggal 21 November 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II berjumlah 50 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan menentukan KPK dan FPB menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 85.37 dan model pembelajaran Make A Match memperoleh rata-rata 72.57. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Make A Match Di kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality