DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 060894 MEDAN BARU TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
PASARIBU, ELFRIKA TIORIA, 1405030170
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-21 07:27:27 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Alat Peraga dan pembelajaran Konvensional pada materi Bangun Datar di kelas III SD Negeri 060894 Medan Baru Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 24 orang dan kelas kontrol 21 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimendan instrumen penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 69,89 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 53,20. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Alat Peraga dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan  = 0,05 diperoleh 99 5,80,62 2 2))(95(0, 2    xx Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran dengan alat peraga pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 060894 Medan Baru tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality