DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
SARI, KARTIKA, 1405030281
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-21 07:33:30 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dan pembelajaran Konvensional. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim dengan jumlah siswa 68 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievement Divisions sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, tes, dan pengujian hipotesis digunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh hasil observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 58,08% meningkat menjadi 73,33 % pada siklus II, Aktivitas siswa diperoleh nilai 66 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 57,14% pada siklus meningkat menjadi 88,57% pada siklus II, dan nilai rata-rata diperoleh nilai 69,27 pada siklus I meningkat menjadi 78,65 pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwapelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, kemampuan siswa menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di Kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality