DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
PINEM, SRI MINOLA AGATA, 1405020002
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-06-15 03:16:11 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui Model Student Teams Achievement Division dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI SMK Pencawan Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pencawan Medan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas XI SMK Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes pilihan ganda, dan angket. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data siklus I dengan tes hasil belajar I, 18 siswa atau 60% dari 30 siswa yang tuntas dan 12 siswa atau 40% dari 30 siswa yang belum tuntas belajar dengan rata- rata nilai siswa 76,29. Siklus II dengan tes hasil belajar II, diperoleh sebanyak 26 siswa atau 86,7% yang tuntas belajar dan 4 siswa atau 13,3 yang tidak tuntas belajar, dengan nilai rata-rata siswa 82,23. 
Institution Info

Universitas Quality