DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
MANIK, ASRI, 1405030107
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-04-21 08:00:49 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, kemampuan membaca siswa, dan pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah Lembar observasi guru dan siswa dan tes essay sebanyak 5 soal. sebelum kedua kelas diberi perlakuan berbeda, terlebih dahulu kedua kelas diberi soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sehingga dapat hasil nilai rata-rata siswa kelas V-A yaitu 50,03 dan nilai ratarata siswa kelas V-B yaitu 47,30. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka di peroleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan strategi DRTA yaitu 103,83 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 96,06. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi DRTA lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kemampuan membaca dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji Independen Antara Dua Faktor sehingga diperoleh hasil data posttest kelas V-A dan kelas V-B yaitu dan karena 2 2 tabelhitung x x  maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi DRTA ada pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality