DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, NOVA JENIATI, 1405030105
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-04-21 08:05:55 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan yaitu pretes postes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 52 siswa dan Sampel dari penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB dengan total jumlah siswa 52 jumlah siswa kelas IVA 26 orang dan jumlah siswa kelas IVB yaitu 26 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data kemampuan membaca mata pelajaran bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 5 soal dan tes kecepatan membaca. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada hasil kegiatan observasi guru mencapai 78,1% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mencapai 76% berkategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca siswa ( ,003 202 X > ,1 142 7))(95(0,  X ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality