DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI DAURHIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, NOVITANTI ANATASIA, 1405030203
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-21 08:11:01 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranPicture and picture dan menggunakan Media gambar. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masing-masing terdiri dari 26 orang siswa yaitu kelas IVA dan IVB tahun ajaran 2017/2018.Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan instrument tes 5 soal. Yang diujikan sebelum dan sesudah perlakuan( pretest dan posttes), penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent pretes-postes design. Analisis data dilakukan dengan program SPSS untuk mengetahui nilai ratarata simpangan baku, ujinormalitas, homogenitas dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and picture (x=79.40) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik dari pada menggunakan media gambar (x= 74.30) dalam mata pelajaran IPA pada materi daur hidup hewan kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model pembelajaran Picture and picture lebih disarankan dari pada menggunakan media gambar untuk mata pelajaran IPA dalam materi daur hidup hewan. 
Institution Info

Universitas Quality