DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
NURHABIBI, PUTRI UTARI, 1405030208
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-04-21 08:14:59 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write pada materi menulis karangan argumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 12 Januari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor berjumlah 49 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 79% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa 78% dengan kategori baik. Kemampuan siswa menulis karangan argumentasi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write memperoleh rata-rata 85,30 dan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 78,16. Dari analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan siswa menulis karangan argumentasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality