DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGRI 060933 JALAN PINTU AIR II KEC. MEDAN JOHOR T.A 2017/2018
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, PRETTY PERTIWI BR, 1405030335
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-04-21 08:38:26 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalaah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dan pembelajaran Konvensional. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 060933 Pintu air II Kecamatan Medan Johor dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60% meningkat menjadi 72,5% pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 68 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 58,33% pada siklus I meningkat menjadi 91,33% pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesr 69,5 dan meningkat menjadi 78,5 pada siklus II . Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di Kelas IV SD Negeri 060933 Pintu air II Kecamatan Medan Johor tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality