DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018
Total View This Week17
Institusion
Universitas Quality
Author
MELIALA, HERMA YANA BR, 1405030243
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-05-14 04:07:21 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang diperoleh yaitu siswa mengalami kesulitan pada materi pesawat sederhana. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan perbaikan pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran STAD untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah non penelitian tindakan kelas (Non PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dan model pembelajaran Tipe STAD. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masingmasing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas V A dan V B tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan instrument tes 10 soal. Yang diujikan sebelum dan sesudah perlakuan ( pre test dan post test ), penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent pre test- post test design. Analisis data dilakukan dengan program SPSS untuk mengetahui nilai rata-rata simpangan baku, uji, uji normalitas, homogenitas dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT (x=81.25) secara nyata member efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran STAD (x=75.00) dalam mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaaan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada model pembelajaran STAD untuk mata pelajaran IPA dalam materi pesawat sederhana. 
Institution Info

Universitas Quality