DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
KACARIBU, MARIA KAROLINA BR, 1405030025
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-05-14 04:13:04 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang diperoleh yaitu siswa mengalami kesulitan pada materi cahaya dan sifat-sifatnya yang belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan perbaikan pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SD Dharma Wanita Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dharma Wanita yang berjumlah 48 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan model Talking Stick di Kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi ranah kognitif C1dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus 1 dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil peningkatan observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11 % dari 60% menjadi 71%. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 68% menjadi 86%, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 16.66% dari 75% menjadi 91.66% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 13.13% dari 67.29 menjadi 80.42. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) ketuntasan belajar siswa tuntas secara klasikal (3) hasil belajar siswa meningkat (4) hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality