Institusion
Universitas Quality
Author
SARAGIH, NORA DESELIA, 1405030042
Subject
370.15 Psychology of Education
Datestamp
2020-05-14 04:21:13
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atau jawaban atas masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional. Yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah
51 orang siswa kelas IV dan 51 orang tua siswa tersebut yang berada di SDN No.064023 Kemenangan Tani. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner atau angket yang sebelumnya
telah diuji cobakan di SDN 068083 Jl. Kemuning, Kel. Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal dan dikonsultasikan pada ahli untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Selanjutnya angket yang valid dan reliabel disebarkan pada populasi yang hasilnya diolah dengan menggunakan skala Likert.Teknik analisis terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji signifikansi. Uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, dan uji linearitas.
Penelitian ini dilaksanakan pada dua lokasi sekolah yang berbeda dengan waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berkategori baik dan bernilai positif, perkembangan sosial anak pada kelas IV di SDN No. 064023 Kemengangan Tani tahun ajaran 2017/2018 adalah semakin tinggi perhatian orang tua semakin baik perkembangan sosial anak, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua terhadap perkembangan sosial anak pada kelas
IV di SDN 064023 Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018.