DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCES DAN MODEL CONCEPT SENTENCES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week19
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, DEO NALTA, 1405030047
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-06-15 03:31:01 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Complete sentences dan Concept sentences. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan soal latihan menulis karangan Deskripsi yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan Ms-Excel 2010 untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model Complete sentences (  x =81.3) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model Concept sentences (  x =79.6) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis karangan Deskripsi di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model Complete sentences lebih disarankan daripada menggunakan model Concept sentences untuk mata pelajaran Bahasa indonesia materi Menulis karangan Deskripsi. 
Institution Info

Universitas Quality