DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060923 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
MANURUNG, MELPA JULIANA, 1405030171
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-06-15 07:01:06 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Make a Macth pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Objek dalam penetian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Macth . Penelitian ini melalui 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 60% (Cukup) menjadi 79% (Baik), persentase aktivitas siswa meningkat dari 60 (Cukup) menjadi 70 (Baik). Dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,71 menjadi 68,04. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data hasil belajar telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji berbedaan dua rata-rata (uji t) dan diperoleh 1,628 > 2,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan Perubahaan Lingkungan Fisik dan Prosesnya pada mata pelajran IPA dengan menggunakan Model Make a Macth lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran Konvesional di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. 
Institution Info

Universitas Quality