PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Total View This Week20
Institusion
Universitas Quality
Author
SILALAHI, LESTARI BR, 1405030008
Subject
507 Education, Research
Datestamp
2020-06-15 07:09:19
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran konvensional pada materi Bumi dan Alam Semesta. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat pada tanggal 01 Maret 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat yang berjumlah 48 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan lembar observasi. Analisis data terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh ratarata77.81 dan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 68.23. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik daripada Menerapkan Model Pembelajaran Konvensional di SD Negeri 047174 Tahun Pelajaran 2017/2018.