DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
SITANGGANG, ANISA MONICA, 1405030177
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-06-15 07:15:46 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari lembar observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 54,5 % meningkat menjadi 74% pada siklus II, aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 52 dan meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 45,83% pada siklus I meningkat menjadi 95,87% pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 69,31 dan meningkat menjadi 76,61 pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada menerapkan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality