DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI T.A 2017/2018
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
SINABUTAR, TIURMAULINA, 1405030041
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-06-15 07:51:18 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran model Problem Based Instructiondan pembelajaran metodeKonvensionalpadamateriMenulis Paragraf Deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 12 April2018. Populasipenelitianiniadalah seluruh siswakelas V SDSwasta DharmaWanitaPertiwiyangberjumlah 48 orangdan sekaligus menjadisampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan duarata-rata. Dari analisis data diperoleh kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa menggunakan pembelajaran modelProblem Based Instructionmemperoleh ratarata86,17 dan pembelajaran metodeKonvensionalmemperoleh rata-rata83,33. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada model Pembelajaran Problem Based Instruction lebih baik daripada menggunakan metode Konvensional di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality