DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
SITOHANG, DESI TRI PUTRI, 1405030114
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-06-16 02:16:00 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran model konvensional pada materi Perkembangan Teknologi Transportasi. Penelitian dilaksanakan di SD Swsta Dhrma Wanita Pertiwi pada tanggal 13 Febuari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi berjumlah 49 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analis ata yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa perkembangan teknologi transportasi menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 80,06 dan pembeajaran model konvensional memperoleh rata-rata 70,02. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Perkembangan Teknoloi Transportasi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada Menggunakan Pembelajaran Model Konvensional Di Kelas IVSD Swasta Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality