Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi globalisasi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 12 Februari 2018 dan 27 Februari 2018 subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 orang sekaligus menjadi objek penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa materi globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD memperoleh rata-rata 84,50 dan motode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 77,60. Dari kedua dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik daripada menggunakan metode konvensional di kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.