DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, NIA AGUSTIN, 1405010113
Subject
512 Algebra 
Datestamp
2020-06-15 02:36:04 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvesional. Penelitian ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada materi turunan fungsi aljabar khususya dalam menyederhanakan dan merasionalkan bentuk akar. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI SMA Negeri 15 Medan kecuali kelas unggulan. Siswa kelas XI MIA yang terdiri dari tujuh kelas kecuali satu kelas unggulan diambil dua kelas sebagai sampel penelitian dengan cara clauster Sampling. Dua kelas sampel penelitian adalah kelas XI MIA3 yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIA4 yang berjumlah 37 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa uraian yang sudah divalidasi oleh validator. Untuk mengetahui kemampuan siswa dilakukan teknik analisis data dan pengujian hipotesis. 
Institution Info

Universitas Quality