DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 060933 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week19
Institusion
Universitas Quality
Author
FADHILAH, SANTRY, 1405030213
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-06-16 03:20:43 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKN materi berorganisasi di kelas V SD Negeri 060933 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi dalam penelitian ini di SD Negeri 060933 Medan Johor. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada mata pelajaran PKN materi berorganisasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 060933 Medan Johor yang berjumlah 48 orang dan sebagai objek adalah penggunaan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw. Tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw berkategori baik, hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw meningkat, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Quality