Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 101912 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2017/2018. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa kelas IV SD Negeri 101912 Pagar Merbau, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101912 Pagar Merbau, (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101912 Pagar Merbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif, dan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Populasi seluruh siswa IV SD Negeri 101912 Pagar Merbau yang berjumlah 59 Siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 101912 Pagar Merbau yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data tingkat pendidikan orang tua di ambil dari Tata Usaha (TU) sedangkan nilai hasil belajar siswa di ambil melalui wali kelas IV A SD Negeri 101912 Pagar Merbau. Hasil penelitian menyimpulan bahwa rata-rata skor tingkat pendidikan orang tua diperoleh (3,69) adalah sarjana muda. Rata-rata Nilai hasil belajar siswa yang di peroleh siswa IV A (7,86) berada pada kualifikasi sedang. Hasil yang diproleh dari korelasi product moment dengan tingkat pendidikan orang tua sebesar 0,807 atau 80,7% dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,5. Hasil dari hitung t 7,10 sedangkan tabel t 1,70. hitungt lebih besar dari pada tabel t sehingga 0 H ditolak 1 H diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa.