DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week32
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, MERI KRISTIANI BR, 1405030027
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-06-16 04:03:27 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan model Talking Stick pada pokok materi Perjuangan Melawan Penjajahan pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan yang berjumlah 24 Siswa . Dari analis data,diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 80,00% aktivitas siswa menjadi 80 % ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 70,secara klasikal meningkat 91,66% dari nilai 60,09 meningkat menjadi 98,18 dan nilai rata-rata 81,89. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran IPS di kelas V telah tercapai dengan kategori baik, rata – rata hasil belajar siswa lebih baik dengan model Talking Stick pada mata pelajaran IPS, rata- rata hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunkan model Konvensional, ada pengaruh yang positif dengan model talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi perjuangan melawan penjajahan menggunakan model Talking Stick lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Medan Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality