Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi Pemahaman Membaca dengan menggunakan teknik meringkas dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor pada tanggal 29 Maret sampai 3 April 2018 Sebagai subjeknya adalah siswa kelas VA dan VB dengan jumlah siswa di kelas VA ada 25 orang dan kelas VB ada 25 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test pemahaman membaca yang telah divalidasi oleh validator.
Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas VA = 40,20 dan ratarata hasil belajar VB = 39,00.
Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas VA dengan menggunakan Teknik Meringkas dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 86,00 sedangkan hasil belajar pada kelas VB dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 75,00. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji bk untuk data kelas VA dengan Teknik Meringkas dan kelas VB dengan pembelajaran Konvesional diperoleh Xhitung ( X2 )= 8,12 dan tabel X = 5.99 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada tabel X .