DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MATA PELAJARAN PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI SD N 068003 KAYU MANIS P.SIMALINGKAR MEDAN TP 2017/2018
Total View This Week58
Institusion
Universitas Quality
Author
SILALAHI, HOTNI SARI, 1405030045
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-06-17 07:12:16 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SD N 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD N 068003 Kayu Manis dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 20 orang yang terdiri dari laki-lai 7 orang dan perempuan 13 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Game Tournament. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat yaitu siklus I dengan nilai 60% menjadi 71,5% di siklus II dan aktivitas siswa siklus I dengan nilai 52% menjadi 86% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 65, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 50% menjadi 85% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa dapat meningkatkan setelah menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Beorganisasi di kelas V SD N 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality