Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan Gaya dan Pengaruhnnya di kelas V SDN 101801 Deli Tua Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101801 Deli Tua yang berjumlah 64 siswa. Dari analisis hasil data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas Guru meningkat dari nilai 60% menjadi 72.5%, aktivitas siswa meningkat dari nilai 54 menjadi 74 , ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 70, secara klasikal dari 68% menjadi 84% dan nilai rata-rata 66.81menjadi 77.05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) materi Gaya dan Pengaruhnya di kelas V SDN 101801 Deli Tua lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan hasil belajar
siswa.