DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 101912 PAGAR MERBAU TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
ATMAJA, INDAH SULISTIA WARDANA, 1405030033
Subject
372.4 Reading 
Datestamp
2020-06-18 04:10:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) pada materi membaca pemahaman.Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101912 Pagar Merbau pada tanggal 23 Januari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 101912 Pagar Merbau berjumlah 59 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru 79,5% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa 80% dengan kategori baik. Dan rata-rata Kemampuan membaca siswa menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) meningkat dari 106,80 menjadi 241,10. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data kemampuan membaca siswa telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata(Uji BK) dan diperoleh x2hitung = 16,86 > x2tabel = 15,5 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Preview, Question, Read, Reflecty, Ricite, dan Review (PQ4R) terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 101912 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality