DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, VERONIKA BR, 1405030074
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-18 03:49:50 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model Make A Match lebih baik dari pada menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 058355 Aman Damai. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai yang berjumlah 40 siswa dan dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya setelah menggunakan model Make a Match di kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018 diperoleh nilai rata-rata 86,15 dan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh nilai rata-rata 76,77. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pokok bahasan mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya yang diajar dengan menggunakan model Make a Match lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality