DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TA 2017/2018
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
NURBAITI, 1405030252
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-18 04:41:43 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pemberian tugas kelompok dan dengan pemberian tugas individu pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor TA2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dalam penelitian ini diambil data pre test dan post test. Penelitian ini dilakukan diSD Negeri 060934 Medan Johor TA 2017/2018.Populasi dari penelitian ini yaitu sluruh siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor yang berjumlah 50 siswa.Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan pada kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah soal tes essay sebanyak 4 soal. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan nilai rata-rata pre test kelas V-A yaitu 42.20 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 40.02. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan pemberian tugas kelompok yaitu 77.90 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menngunakan pemberian tugas individu yaitu 72.48. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung 2.20 > t tabel = 2.01makaHo ditolak dan Hi diterima dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pemberian tugas kelompok lebih baik daripada pemberian tugas individu. 
Institution Info

Universitas Quality