DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 064990 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
SIMAMORA, INDI MULIONO, 1405030299
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-19 01:59:11 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung setelah menggunakan pembelajaran biasa yaitu ceramah, (3) Mengetahui ada pengaruh signifikan pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar matematika SD Negeri 064990 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018Banyak sampel pada penelitian adalah 74 orang siswa kelas IV–A dan IV-B. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan penilaian adalah tes bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t untuk tes awal (pretest)dan uji statistik independen antara dua faktor atau uji B x K untuk tes akhir (post test) dengan taraf signifikan α = 5 % dan uji persyaratn analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Hasil nilai rata-rata siswa kelas IV-A 38,40 yaitu dan nilai rata kelas IV-B yaitu 39,48. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas IV-A dengan menggunakan Model ceramah yaitu 48,38 dan nilai rata-rata kelas IV-B dengan meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 71,79, jadi, nilai rata-rata siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa menggunakan model pembelajaran biasa yaitu ceramah. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji independen antara dua faktor (B x K) sehingga diperoleh data tes akhir kelas IV-A dan kelas IV-B yaitu X2= 21,90 >X2(0,95)(8) = 15,51. Karena X2 hitung >X2 tabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar metematika materi mengenal sifat-sifat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 064990 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality