DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMERES HEAD TOGETHER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 106816 MARINDAL II T.A 2017/2018
Total View This Week63
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, VERANIKA BR, 1405030044
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-19 02:23:30 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Model Pembelajaran Make A Match. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 106816 Marindal II. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa yaitu kelas IVA dan IVB. Sampel ditentukan dengan teknik sampel total. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan instrumen 3 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together adalah 84,40, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah 78,40 dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menentukan operasi hitung campuran bilangan bulat dengan menggunakan model Numbered Head Together lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN 106816 Marindal II. 
Institution Info

Universitas Quality