DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week50
Institusion
Universitas Quality
Author
SURBAKTI, BANTA BR, 1405030076
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-06-19 02:14:18 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi, Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan intrumen soal essay. Analisis data dilakukan dengan perhitugan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 83,00, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 78,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi. 
Institution Info

Universitas Quality