DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
MALAU, LINSE, 1405030475
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-06-19 07:57:33 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Matchdan pembelajaran Konvensioanal pada Materi Macam-Macam Gaya di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran IPA materi macam-macam gaya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal. Hasil nilai rata-rata test akhir yang diperoleh kelas IVa 78,61 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Make A Matchdan kelas IVb 68,58 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Make A Match di kelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua factor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = (2-1)(3-1)=2 didapat x2 (0,95)(2)=5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran dengan Model Make A Match pada materi macam-macam gaya di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality