DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 106816 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, RASIDA ELPALINA BR, 1405030035
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-19 08:42:36 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106816 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa yaitu kelas IV-A dan IV-B. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari hasil penelitian atau uji independent antara dua faktor yang diperoleh adalah 6,2 dengan ketentuan 5,99. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok menghitung operasi campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality