DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week69
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, WINDA SAHPITRI BR, 1405030056
Subject
570 Biology 
Datestamp
2020-06-20 01:56:57 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak yang berjumlah 51 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa test dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya tidak sama setelah menggunakan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018, diperoleh nilai rata-rata 76,80 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya tidak sama meningkat setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak, diperoleh nilai rata-rata 62,42. Dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya menggunakan metode eksperimen lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality