Abstract :
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh hasil belajar siswa Matematika dengan menggunakan Pemberian Tugas dan Pembelajaran pada materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa di Kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun Masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran matematika materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa.
Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 50 orang siswa yaitu kelas VB dan VC SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis Penelitian ini adalah adalah Quasi experiment dengan instrumen 3 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design.
Hasil nilai rata-rata untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa Pemberian Tugas ( ï€ x =85,68) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan konvensional ( ï€ x =73,6), uji independen antara dua factor untuk data hasil belajar pada mata pelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa Diperoleh Nilai 10,92lebih besar dari , . Sehingga ditolak dan diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan Pemberian tugas terhadap hasil belajar di SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018.