Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, ELRA MALDA BR, 1405030318
Subject
371.4 Student Guidance and Counseling
Datestamp
2020-06-20 02:52:12
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran atau jawaban atas masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional. Yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah 72 orang seluruh siswa kelas III. Sampel dari penelitian ini adalah 36 orang tua siswa kelas III-A dan 36 orang siswa kelas III-A yang berada di SDN No. 064023 Kemenangan Tani , Kec. Medan Tuntungan Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner atau angket yang sebelumnya telah diuji cobakan di kelas III-B SDN No. 064023 Kemenangan Tani, Kec. Medan Tuntungan dan di konsultasikan pada ahli untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Selanjutnya angket yang sudah valid dan reliabel disebarkan pada populasi yang hasilnya diolah dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis meliputi: uji normalitas, dan uji linearitas. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda dengan waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhatian orang tua berkategori baik dan bernilai positif, hasil belajar siswa pada kelas III-A di SDN No. 064023 Kemenangan Tani, Kec. Medan Tuntungan tahun ajaran 2017/2018 adalah semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin baik pula hasil belajar siswa, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada kelas III-A di SDN No.064023 Kemenangan Tani, Kec. Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.