Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruhn orang tua dalam mendidik anaknya dalam hasil belajar. Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berdasarkan metodenya penelitian eksperimen dan pendekatan kualitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Korelasi atau hubungan (pengaruh) yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghubungkan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran pola asuh demokratis orang tua anak di kelas IV SD N 068003 Kayu Manis Medan, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas IV SDN 068003 Kayu Manis Medan, (3) Apakah ada pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Medan tahun ajaran 20167/2018. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas IVa SDN 068003 Kayu Manis 74,35 ini berada pada tingkat baik sekali. Sedangkan rata-rata hasil angket sebesar 77,77 yang berada pada tingkat demokratis. Standar deviasi dari nilai angket pola asuh demokratis orang tua sebesar 11,409 dan standar deviasi nilai hasil belajar kelas IVa SDN 068003 Kayu Manis 8,59. Dan tingkat pengaruh variable pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar kelas IVa SDN 068003 Kayu Manis berada pada tingkat yang tinggi dengan angka kualitas korelasi sebesar 96,04%.Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Fhitung= -0,74769 dan Ftabel = 2,60 dimana harga Fhitung< F(1–α) (k-2, n-k), maka hipotesis model regresi linier dapat diterima. Dengan demikian, hubungan antara variabel pola asuh demokratis orang tua (X) dan variabel prestasi hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini ada pengaruhnya antara pola asuh demokratis orang tua terhadap prestasi belajar kelas IVa SDN 068003 Kayu Manis Medan tahun ajaran 2017/2018