Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Examples Non Examples Dengan Materi Jenis-jenis Pekerjaan di Kelas III A dan Kelas III B berjumlah 48 siswa SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Pelajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Examples Non Examples dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa. Diperoleh data hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 59,3% dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 66 maka dapat dinyatakan aktivitas guru dan siswa berkategori cukup. Hasil belajar siswa secara klasikal yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 69,6%. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data hasil observasi aktivitas guru meningkat yaitu 76,5% dan hasil observasi aktivitas siswa juga meningkat yaitu 82 maka dapat dinyatakan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal, dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,6% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa dengan menggunakan model examples non examples lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 101790 Marindal II Kec. Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.