DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS ARGUMENTASI DI KELAS V SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week19
Institusion
Universitas Quality
Author
SITORUS, KRISPA HOSARI, 1405030095
Subject
371.8 Students 
Datestamp
2020-07-03 07:24:20 
Abstract :
Tujua dari peelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan diksi dengan kemampuan siswa menulis argumentasi kelas V SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 58 siswa. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa yang diambil secara keseluruhan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Ha (Hipotesis Alternatif) : Ada hubungan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas V SD Negeri 067259 Medan Johor. Ho (hipotesis Nol) : Tidak ada hubungan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas V SD Negeri 067259 Medan Johor. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Hubungan Penguasaan Diksi(x) instrumen pengumpulan datanya adalah instrument berbentuk pilihan berganda sebanyak 18 soal dan kemampuan menulis argumentasi(y) sebanyak 1 soal berbentuk essay test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan diksi siswa sebesar 77,83 dan rata-rata kemampuan menulis argumentasi siswa sebesar 79,38. Besarnya korelasi antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis argumentasi siswa yaitu sebesar 0,93098 yang berkategori sangat kuat artinya penguasaan diksi mempengaruhi kemampuan menulis argumentasi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis argumentasi di dalam keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 067259 Medan Johor Medan. 
Institution Info

Universitas Quality