DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING DALAM KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
APRIANITA, BELA, 1405030127
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-07-03 07:20:31 
Abstract :
Tujuan dari perpustakaan ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Quantum Writing Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan yaitu pretes postes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah siswa dan Sampel dari penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB dengan total jumlah siswa 52 jumlah siswa kelas IVA 27 orang dan jumlah siswa kelas IVB yaitu 25 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data Keterampilan Menulis Argumentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 5 soal dan tes kecepatan menulis. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode pembelajaran Quantum Writing pada hasil kegiatan observasi guru mencapai 79% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mencapai 76% berkategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Writing terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi ( 64 9,2 X > 995, 2 7))(95(0,  X ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Writing Dalam Keterampilan menulis Argumentasi Mata Pelajaran bahasa Indonesia pada siswa Kelas IV di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality