DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067259 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
DAMANIK, ROSARI SISKA, 1405030106
Subject
570 Biology 
Datestamp
2020-07-03 07:18:44 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa Gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada Mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 067259. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor yang berjumlah 64 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 64 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat pengumpul data tes. Hasil belajar siswa menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda memproleh nilai rata-rata 81,83 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu memproleh nilai rata-rata 74,15. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dikelas IV SD Negeri 067259 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality