Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pada mata pelajaran IPA Materi Energi Alternatif di kelas
IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah total sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa yang berjumlah 40 siswa.
Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk essay. Yang diajukan sebelum dan sesudah perlakuan (pre test dan post test). Analisis data dilakukan
untuk mengetahui nilai rata- rata, uji normalitas, homogenitas dan uji t, dengan menggunakan model pada mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa dengan sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masing masing terdiri 20 orang siswa yaitu kelas IVA dan 20
orang siswa kelas IVB tahun ajran 2017/2018. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2018.
Berdasarkan analisis yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 79,25, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD adalah 73,33 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Negeri 104238 Kec. Tanjung Morawa.