DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI T.A 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
PERANGIN-ANGIN, PRISKA H, 1405030391
Subject
570 Biology 
Datestamp
2020-07-03 07:10:44 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa dengan model Number Head Togetherlebih baik dari pada menggunakan model Make A Matchpada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperime. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 058355 Aman Damai. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai yang berjumlah 40 siswa dan dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya setelah menggunakan model pembelajaran koopereatif tipeNumber Head Togetherdi kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018 diperoleh nila rata-rata 86,93 dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Matchdiperoleh nilai rata-rata 767,93. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeNumber Head Togetherlebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranMake A Matchdi kelas V SD Negeri 058355 Aman Damai Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality