DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 102006 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGA, ARISKA REHLITNA BR, 1405030180
Subject
570 Biology 
Datestamp
2020-07-03 07:03:56 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Penggunannya. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 102006 Tiga Juhar dengan jumlah siswa 44 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari lembar observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 59,9 % meningkat menjadi 74% pada siklus II, aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 64 dan meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 45,45% pada siklus I meningkat menjadi 95,55% pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 59,15 dan meningkat menjadi 75,71 pada siklus II, dan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional 65,06. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Penggunaannya di kelas IV SD Negeri 102006 Tiga Juhar Tahun Ajaran 2017/2018 
Institution Info

Universitas Quality