DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 106831 BAKARAN BATU KECAMATAN LUBUK PAKAM T.A 2017/2018
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, MARTHA MIRANDHA BR, 1405030130
Subject
490 Another Language 
Datestamp
2020-07-03 06:51:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dalam kemampuan berbicara, untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam kemampuan berbicara, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indoenesia terkhusus dalam kemampuan berbicara. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen . Berdasarkan analisis data dan penguji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa demgan menggunak Model Pembelajaran Role Playing diperoleh rata-rata 81,00 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 75,81. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α =0,05 diperoleh hitung X 2 = 7.52 dan tabel X 2 = 5.99 Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoenesia di kelas III SD Negeri106831 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality