Abstract :
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan sama dengan kualitas layanan terhadap pelanggan, dikarenakan dengan puasnya pelanggan dengan jasa yang diberikan. Pengukuran indeks kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), dan dengan menggunakan lima dimensi servqual (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy) dengan mengevaluasi suatu model persamaan struktural kepuasan pelanggan dan menganalisis hubungan antara variabel laten dan indikatornya serta data kepuasan yang didapatkan dari pengguna aplikasi by.u. data yang akan didapatkan melalui pembagian kuesioner survey, data tersbut akan di olah menggunakan outer model dan inner model pengolahan data ini menggunakan aplikasi smartPLS.pada outer model akan dilakukan pengujian cross loading,convergent validity,dan discriminate validity dan AVE. Pada inner model dilakukannya uji R dan path coefficient dan indeks kepuasan yang didapat sebesar 60.4%. dan hasil dari path coefficientnya berupa 3 dari 5 dimensi servqual berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang berupa (Reliability, Responsiveness,dan Empathy) dan yang berpengaruh positif tetapi tidak signifikan yaitu (Tangible, dan Assurance).